Senin, 18 Januari 2010

List Gunung2 Di Sumatera yang telah saya kunjungi..

Sejak tahun 2004 ekpedisi saya ke Sumatra,lebih fokus pada gunung dan dataran tinggi bukit barisan.
Hutan pegunungan sumatera menarik untuk dijelajahi karena ide utamanya adalah "napak tilas" dari sebaran jenis2 tanaman pegunungan dari sumatra ke jawa. mengapa sumatra? karena klo kita merunut asal usul tanaman pegunungan sumatra jawa berasal dari deretan pegunungan yang bermuara dari himalaya..{sebutlah deret himalaya}.
(ref,Van steenis,1974)
Di hutan pegunungan sumatra kita bisa lihat dari beberapa jenis tanaman yang endemik(terbatas pada satu lokasi) dan beberapa jenis tanaman yang berpenyebaran luas akan tetapi terbatas di Sumatra saja hingga beberapa jenis tanaman yang berhasil "menyebrang" ke Jawa.
dibawah ini list gunung2 diSumatra yang telah saya kunjungi.

NB= tidak semua gunung dibawah ini saya capai puncaknya, karena puncak bukan tujuan ekspedisi.

Lampung
1.Gunung Tanggamus (2004)
2.Gunung Pesagi (2004)

Sumatera Selatan
3.Gunung Dempo (2004)

Jambi
4.Gunung Tujuh (2004,2007)
5.Gunung Sangkar (2004)

Bengkulu
6.Bukit Daun (2007)

Sumatera Barat
6.Gunung Talang (2004)

Sumatera utara
7.Gunung Sinabung (2007)
#8.Gunung SiKempet (2007,2009)
#9.Gunung Toilet duduk (2009)
#10.Gunung Sebrang propinsi (2009)
#11.Gunung Racun kopi (2009)

#= Saya tidak sebut lokasi detailnya,untuk keamanan flora disana..time will tell my friend...

Tidak ada komentar: