Selasa, 28 April 2009

Gunung Lawu menuju Puncak (akhir 2008)

Setelah dinantikan dan direncanakan berulang kali dan sering kali batal mungkin lebih tepatnya delay,meminjam istilah penerbangan tapi tanpa ada yang complain,akhirnya terlaksana juga cita2 ke puncak gunung Lawu..
Walaupun saya sering ke Gunung Lawu (sekitar lereng gunung Lawu,lihat pada post sebelumnya),tetapi menuju puncak sejatinya baru terlaksana pada kesempatan kali ini.

Perjalanan kali ini tidak seperti biasanya,karena tidak fokus ke ekplorasi,lebih kepada pemenuhan nadzar saya yang tertunda,nadzar jika saya lulus S-1 saya akan menuju puncak lawu.yang seharusnya terlaksana tahun 2007,otomatis perlengkapan fotografi tidak saya bawa lengkap.

Saya dan teman Terpal(Adri feat.terpal untuk pertama kalinya) berangkat dari Yogja menuju Cemara Sewu yang kurang lebih ditempuh selama 2,5 jam ,kemudian Pendakian dimulai dari Pos Cemara sewu +-1800 m dpl,dengan ditemani Kang Yanto dan Londho(sederek dari Paguyuban Giri Lawu,disingkat PGL).
Kami menempuh +-6 jam perjalanan hingga di pos terakhir (+-3100 m dpl)..

Awal track kita akan disambut oleh "vegetasi asli",maksudnya asli buat memenuhi kebutuhan perut,"asli" jenis2 vegetasi lahan pertanian hingga pos I,lewat dari pos I sampai ke pos terakhir lebih banyak didominasi hutan cemara dan sisa2(pernah terbakar hebat) vegetasi tipe hutan gunung jawa timur diatas ketinggian 2000 m dpl.

Tidak disarankan bagi pecinta keanekaragaman flora untuk melalu jalur ini.disarankan berangkat dari jalur Candi Cetho .walaupun track lebih panjang dan menantang,menurut info diperlukan sekitar 3 hari perjalanan untuk mencapai puncak. tapi "impas" perjalanan tersebut dengan adanya keanekaragaman floranya lebih tinggi.

Pada umumnya Track Cemara Sewu amat bersahabat bagi saya karena jalurnya yang jelas,bukan jalur jalur setapak dan jalurnya dilapis batu atau istilah belandanya makadam (maklum obyek wisata ritual),akan tetapi track tersebut sepertinya menjadi tidak bersahabat bagi rekan saya,Mr.Nak Nyo karena kakinya terantuk batu pada awal pendakian dari Pos I menuju ke Pos II sehingga jalannya jadi "abnormal" dan jalur menanjak yang dijumpai pada ketinggian antara 2400-mendekati sendang drajat lebih tepatnya disebut jalur bertangga.

Setelah melewati jalur bertangga kami pun berhenti di Sumur Jalatunda beberapa rekan yang "Slim" bahasa jakartanya body ideal bahasa jelasnya badannya kecil dan kurus,tapi bukan kurus sakit,turun ke Sumur yang memiliki kedalaman mungkin sekitar 30 meteran dan saya menunggu diatas karena menyadari kelas berat melibihi tonase dan tidak bisa masuk ke mulut sumur yang kecil itu (-: ..sehabis ambil air sumur tersebut kami melanjutkan perjalanan hingga sampai di pos terakhir dan kami pun ngecamp 1 malam disana,lebih tepatnya mondok/nginap karena Warung mbok(lupa namanya) merupakan "rumah" bagi para pendaki dengan kapasitas 50an orang..dan dome yang kami bawapun tetap bertempat di Tas Carrier.

Hari kedua menuju puncak,yang sebenarnya tidak jauh dari basecamp terakhir.sangat disayangkan cuaca mendung,berkabut dan sering turun gerimis..kurang ideal untuk fotografi, setelah foto sekeliling dan rekan yang terjangkit virus narsis memuaskan diri berfoto..kami pun turun ke basecamp yang selanjutnya masak untuk makan siang dan turun ke Cemara Sewu.

Tidak lupa sebelum turun kami menyempatkan diri "berpamitan" kepada Sunan Lawu.Ya namanya bertamu pasti pamitan bukan??

Dalam perjalanan turun,kami pun berhenti di Sendang Drajat,sebuah sumber air atau kubangan berisi air lebih tepatnya..
Sayangnya,dari rekan2 yang pada awalnya berniat mandi di Sendang Drajat tiba2 mengurungkan niatnya, tinggallah saya,mojhol dan Nak Nyo yang mandi..ya, kesan pertama air yang jatuh dikepala serasa di jatuhin barang berang yang utuh,dingin sampai perih dan mati rasa..tapi selepasnya jadi hangat,sensasi unik bukan?

Abis Mandi,lanjut lagi perjalanan,dari Sendang drajat menuju Cemara Sewu..perjalanan pulang cuma ditempuh selama 3 jam..(bisa sambil lari..hehe).dan dalam perjalanan pulang kami sering berpapasan dengan pendaki lain dan "pendaki" ritual(maklum bulan suro,mo nyuci keris kata simbah)..dan tidak jarang jalur pendakian jadi macet,saking banyaknya yang naik,sampai kita harus bergantian..(Puncak nggak kalah loh)
dan pemandangan unik yang tidak kalah menarik dari pemandang gunung itu sendiri adalah kostum para "pendaki" yang ???...

Ada yang berpakaian hitam2 pake caping pak tani dan bawa tongkat yang diukir..
dalam hati saya berkomentar "Ki sanak,perjalanan masih jauh,Ki sanak dari mana?,pusaka kyaisuduklakang hanya bisa didapatkan bagi yang berhati bersih ki sanak(hehe)"
Ada pula yang pake Helm,ya helm motor.."ada event off road diatas ya pak?"
Ada yang bawa koper "naik haji kloter dari Gn.Lawu?"
Ada yang berdandan dan make parfum wangi banget "ada mall diatas?"
Yah bermacam2 dan aneh2,kostum peserta benteng Takeshi pun jadi kalah menarik.

Tidak terasa karena sambil mengamati fenomena unik tadi, sampai juga di Cemara Sewu,disambut sdr2 PGL..kita pun makan bareng..
dengan suasana yang kekeluargaan
dan sayapun masih tertegun,terbawa perasaan setengah tidak percaya klo saya akhirnya sampai juga di Puncak Gunung Lawu..
dan packing kami pun balik lagi ke YOgja..
Sampai jumpa lagi Gunug Lawu dan saudara2 PGL

Lawu akhir 2008.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 750juta saya sters hamper bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan kyai ronggo, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI RONGGO KUSUMO kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 3Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi kyai ronggo kusumo di 082349356043 situsnya www.ronggo-kusumo.blogspot.com agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi kyai ronggo kusumo pasti akan di bantu

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini. barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan. Beberapa waktu yang lalu perusaan percetakan saya dirundung hutang yang cukup besar. Hal itu di akibatkan melonjaknya harga kertas dan tenaga upah yang harus saya bayar kepada para karyawan saya. Sementara itu beberapa tender yang nilainya cukup besar gagal saya menangkan. Akibatnya saya harus menjaminkan mobil saya saya untuk meminjam hutang dari bank. Namun hal itu belum cukup menutup devisit perusaan. Bahkan pada akhirnya rumah beserta isinya sempat saya jaminkan pula untuk menutup semua beban hutang yang sedang dilanda perusaan. Masalah yang begitu berat bukan mendapat support dari istri justru malah membuat saya bersedih bahkan sikapnya sesekali menunjukan rasa kecewa. Hal itu di sebabkan semua perhiasan yang sempat saya hadiahkan padanya turut saya gadikan. Disaat itulah saya sempat membaca beberapa situs yang bercerita tentang solusi pesugihan putih tanpa tumbal dan akhirnya saya bertemu dengan Kyai Sukmo Joyo. Kata pak Kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5milyar dengan tumbal hewan. Tanpa pikir panjang semua petunjuk pak.kyai saya ikuti dan hanya 1 hari. Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Perhiasan istri saya yang sempat saya gadaikan kini saya ganti dengan yang lebih bagus dan lebih mahal harganya. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Jika ingin seperti saya. Saya menyarankan untuk menghubungi kyai sukmo joyo di 0823.9998.5954 situsnya www.sukmo-joyo.blogspot.co.id agar di berikan arahan